Serba Serbi Wisuda (Ala Muslimah) Bag.1

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh.
Hallo sahabat, yang kebetulan mampir atau memang sengaja mampir di blog saya hehe. Terima kasih sebelumnya karena sudah berkunjung *salaman*

Well, langsung aja ke topik pembahasan saya kali ini mengenai serba serbi wisuda. Kenapa wisuda? Karena saya sudah pernah mengalaminya (walaupun baru sekali sih hehe). Dan kenapa harus ada muslimahnya? Ya, karena saya perempuan. Jadi tulisan ini cocok dibaca untuk para perempuan muslim yang mau dan akan di wisuda.

Wisuda, adalah sebuah momen yang paling ditunggu – tunggu oleh semua mahasiswa. Ya,, mungkin bisa dibilang begitu. Lagipula, kira – kira ada nggak ya mahasiswa yang gak mau di wisuda(?) Hmm..

Source : ramadhanlmzero.blogspot.com

Oya, kalau saya perhatiin, banyak banget orang yang suka masang status; wisuda 2018, wisuda 2020, dst.. Sehingga seakan – akan (menurut saya) hal tersebut menjadikan wisuda sebagai tujuan. Memang hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun pesan saya

“Lakukan saja yang terbaik selagi menjadi mahasiswa, hadapi saja apa yang di depan mata, dan nikmati saat-saat menjadi mahasiswa. Kalau sudah waktunya, kita juga akan di wisuda kok.”

Ya.. wisuda itu memang masalah waktu dan juga usaha sih pastinya. Jadi kalau sekiranya wisuda masih lama, ya sabar aja. Gak usah ditungguin. Nanti juga dateng sendiri kok, kaya jodoh aja gitu~ *eaa

Oke sip, lanjut dengan persiapan untuk wisuda buat muslimah nih. Khusus muslimah ya, jadi untuk yang cowok mohon maaf tak ada tempat untukmu.
So, persiapan apa sih yang di siapin buat yang mau wisuda (?)

Pertama, Pakaian.
Karena kita para ciwi-ciwi wajib menggunakan kebaya, jadi jangan lupa untuk menggunakan kebaya. Kebayanya gak mesti beli, kayaknya sewa juga bisa deh. Kalau kalian mau beli atau bikin, pastikan kalau itu memang akan dipakai lagi untuk kondangan atau wisuda selanjutnya dalam waktu dekat. Karena sayang kalau udah beli/bikin, tapi ternyata cuma dipake sekali aja. (pengalaman) hehe

Tips memilih kebaya juga harus diperhatikan nih. Kebaya untuk wisuda itu gak perlu motif yang cantik-cantik amat dan harga yang terlalu mahal. Soalnya percuma, bakal ketutupan juga sama toga. Jadi ya simpel aja, yang penting nutupin aurat.

Inget ya nutupin AURAT ! Terlebih tangan dan kaki. Karena pada waktu wisuda, ada seorang fulanah berjilbab, tapi bagian depan roknya itu terangkat sampai setengah betis, Saya tidak mengerti apakah memang modelnya demikian atau dia lupa berkaca mengenai roknya yang ‘ketinggian’. Tapi inget guys, seperti apapun modelnya, aurat tetaplah aurat. Dijaga baik-baik ya..

Setelah memilih dan menggunakan kebaya, masih ada jilbab nih yang masuk kategori pakaian. Mungkin untuk kalian yang sedikit lagi mau wisuda udah mulai kepikiran, “nanti wisuda jilbabnya mau di gimanain ya?” hehe, betul nggak?

Kalau masalah jilbab sih, ya itu mah teserah kalian aja sih, yang penting syaratnya dua. Pertama kita harus nyaman, kedua gak ngebentuk punuk onta.

Yup. Kalian pasti pernah liat kan seorang hijaber yang benjolan kuncirannya sangat besar sampai terlihat seperti punuk onta?
Nah, kalau bisa kalian jangan seperti itu ya guys. Selain dilarang, pakai benjolan yang sebesar itu juga kayanya gak akan bikin kamu nyaman, dan yang pasti nyusahin pas mau pake topi toga.

Dan terakhir dalam kategori pakaian adalah, kaos kaki. Yup, jangan lupa kalau kaki itu adalah aurat. So, buat kamu muslimah wajib hukumnya pakai kaos kaki.

Cuma sampai segitu? Enggak kok, masih ada kategori yang lainnya.

Tunggu tulisan saya yang selanjutnya besok ya^^

0 Comentarios